ISMAH HANIFAH, 141310003245 (2018) PANDANGAN ISLAM TERHADAP MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003245_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003245_BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
141310003245_BAB II.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
141310003245_BAB III.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
141310003245_BAB IV.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
141310003245_BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
141310003245_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap Manusia, Implikasi Manusia dalam pandangan Islam terhadap Pendidikan Islam, dan Pandangan Islam terhadap Manusia serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Pandangan Islam terhadap Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Prof. DR. H. Ramayulis, sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penulis tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Hasil penelitian mengenai Pandangan Islam terhadap Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam adalah: Pandangan Islam terhadap manusia dan Implikasinya terhadap pendidikan Islam dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. DR. H. Ramayulis yaitu bahwa dalam Al-Qur’an terdapat istilah yang digunakan dalam menyebut manusia, yaitu: al-Basyar, Bani Adam, al-Insan, al-Nas. Serta ada dua kedudukan manusia diciptakan di muka bumi, yaitu sebagai khalifah di bumi dan sebagai hamba Allah. Serta untuk dapat melaksanakan tugas manusia, Allah membekali manusia dengan beberapa potensi. Diantaranya yaitu potensi rabbaniyah (ketuhanan), potensi spiritual (keagamaan), potensi emosional, potensi intelektual, dan potensi biologis. Dan implikasi manusia dalam pendidikan Islam dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karya Prof. DR. H. Ramayulis yaitu bahwa pendidikan Islam harus meliputi segala aspek yang dibutuhkan manusia dalam rangka memperoleh keseimbangan kehidupan di dunia dan akhirat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq.M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manusia dan Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 07:05 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 07:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2944 |