IKHDA KHOIROTUS SIFA, 141310003165 (2018) RUMAH BELAJAR SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus di Rumah Belajar Cemerlang (RBC) Desa Suwawal Mlonggo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003165_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003165_BAB I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
141310003165_BAB II.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
141310003165_BAB III.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
141310003165_BAB IV.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
141310003165_BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
141310003165_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran di Rumah Belajar Cemerlang (RBC) Desa Suwawal Mlonggo Jepara. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dari pelaksanaan pembelajaran di Rumah Belajar Cemerlang (RBC) Desa Suwawal Mlonggo Jepara. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran di Rumah Belajar Cemerlang (RBC) Desa Suwawal Mlonggo Jepara.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut Dan dalam mengumpulkan data menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, mendalam dan terrinci untuk memperoleh data penelitiannya. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah: pelaksanaan pembelajaran di Rumah Belajar Cemerlang (RBC) Desa Suwawal Mlonggo Jepara Pada setiap program kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mencakup tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka/awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup/akhir. Adapun program kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan ada 8 program yaitu learning together, creation day, belajar membaca Al-Qur’an (Ngaji), fun gardening, perpustakaan mini RBC, happy weekend refresh, berlatih basic computer, dan pesantren kilat. Pelaksanaan program pembelajarannya berjalan menarik dan terbentuk suasana yang nyaman. Didukung juga dengan kemampuan pendidik yang baik dan kekreatifan dalam proses pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan karakter dari pelaksanaan program pembelajaran meliputi 11 nilai karakter yaitu religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran, antara lain: dukungan yang sangat baik dari orang tua peserta didik dan juga masyarakat (lingkungan), relasi dan akses dalam mendapatkan informasi dan fasilitas pembelajaran, peserta didik yang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan pendidik yang professional serta memiliki kreativitas dalam model pembelajaran. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran antara lain: kurang adanya dukungan dan partisipasi dari pemerintahan desa Suwawal terkait berdirinya RBC, waktu pembelajaran di RBC yang fleksibel membuat kegiatan peserta didik yang lain seperti TPQ, MADIN, Les sekolah kadang terhambat. Dan kesibukan relawan pendidik yang terkadang tidak bisa membantu proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Khalimatus Sa'diyah,M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Rumah Belajar, Pendidikan Karakter, Berbasis Masyarakat. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 06:59 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:59 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2941 |