I’IR HIDAYATUZZAROH, 141310003054 (2018) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA 02 KARANGGONDANG MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003054_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
141310003054_BAB I.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
141310003054_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003054_BAB III.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003054_BAB IV.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003054_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Darul Huda 02 Karanggondang Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode resitasi dalam meningkatkatn pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Darul Huda 02 Karanggondang Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam menerapkan metode resitasi dalam meningkatkatn pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Darul Huda 02 Karanggondang Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2017/2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi: Pertama, dalam menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV menggunakan dua cara, yaitu dengan metode resitasi secara individu dan metode resitasi secara kelompok. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode resitasi, ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri : mental siswa, kecerdasan siswa, motivasi yang dimiliki siswa dan juga minat yang ada dalam diri siswa. Sedangkan faktor internal atau faktor yang berasal dari luar diri siswa diantaranya yaitu pengaruh dari keluarga, teman sebaya dari siswa tersebut, dan lingkungan masyarakat yaitu siswa. Dan ada 2 faktor yang berpengaruh yaitu dari materi pelajaran dan lagkah-langkah dalam menerapkan metode pembelajaran itu. Ketiga, Dalam menerapkan metode resitasi terdapat berbagai kelebihan dan kelemahan yang ada pada diri siswa, yaitu kelebihannya : daya ingat siswa semakin tinggi, giat belajar dan mempunyai rasa tanggung jawab. Sementara kelemahannya yaitu menimbulkan rasa bosan pada siswa karena diberikan tugas secara terus-menerus, tidak mudah oleh guru memberikan tugas dengan kapasitas kecerdasan siswa yang berbeda-beda dimulai dari paling rendah, sedang dan dengan kecerdasan yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Achmad Slamet, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 06:53 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:53 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2939 |