HENY KISMAWATI, 131310000765 (2018) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Analisis Buku “Sudahkah Aku Jadi Orang Tua Shaleh?” Karya Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310000765_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000765_BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
131310000765_BAB II.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
131310000765_BAB III.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
131310000765_BAB IV.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
131310000765_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
131310000765_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat kenyataan bahwa peran orang tua dalam pendidkan akhlak anak memiliki urgensi yang teramat penting dalam kehidupan modern kini. kehidupan modern yang cenderung bisa menyebabkan dehumanisasi dan alienasi serta kemerosotan moral memerlukan pendidikan disetiap situasi dan kondisi. Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari memiliki solusi alternatif bagi para orang tua dalam hal mendidik anak-anak.
Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah : 1) bagaimana peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak? 2) Bagaimana implementaasi peranan orang tua dalam pendidikan akhlak anak?
Dalam penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak. 2) untuk mengetahui implementasi peranan orang tua dalam pendidikan akhlak anak.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dipeeroleh melalui pengumpulan data, maka dalam penganalisisannya penulis menggunakan kajian pustaka. Kajian dimulai dengan pelaksanaan kepustakaan.
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peran orang tua dalam Pendidikan Akhlak Anak meliputi, orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anaknya, karena orang tua berperan sebagai pembentuk karakter sosial yang pertama bagi anak, karakter ini dilakukan dengan mengarahkan, membimbing, dan mendidik anak sehingga mengetahui berbagai nilai, perilaku, serta kecenderungan yang dilarang dan diperintahkan. Pendidikan akhlak anak merupakan usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar anak/peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, dan masyarakat. 2) Implementasi peranan orang tua dalam pendidikan akhlak anak, menurut Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari yaitu ada beberapa metode yang dapat diterapkan seperti, a) metode keteladan. b) metode hukuman. c) metode pembiasaan. Dari sini dapat dipahami bahwa Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari berpendapat, orang tua dalam mendidik anaknya harus memperhatikan betul mengenai cara mendidik anak dengan benar, agar anak tidak mengikuti pergaulan-pergaulan yang dapat merugikan dirinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs.H. Mahalli,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pendidikan Akhlak Anak, Buku “Sudahkah Aku Jadi Orang Tua Shaleh?”. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 06:52 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:52 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2938 |