FITA FATIMAH, 131310001633 (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI AKHLAK MULIA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TARBIYATUL ATHFAL 04 BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001633_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001633_BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
131310001633_BAB II.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
131310001633_BAB III.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
131310001633_BAB IV.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
131310001633_BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
131310001633_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Bagaimana internalisasi metode pembiasaan pada anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04 Bangsri Jepara Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana bentuk internalisasi nilai akhlak mulia pada anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04 Bangsri Jepara Tahun 2017/2018? Penelitian ini menggunakan metode studi kasus penelitian lapangan dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analitis, yaitu menggambarkan wujud data secara apa adanya. Dalam hal ini memaparkan tentang Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menginternalisaskan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Pada Anak Usia Dini Di TK Tarbiyatul Athfal 04 Bangsri Jepara Tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan di TK Tarbiyatul Athfal 04 Bangsri Jepara Tahun 2017/2018 melalui beberapa kegiatan yang dilakukan di sekolah mulai dari pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sampai anak pulang sekolah. Bentuk internalisasi nilai ahlak mulia pada anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04 Bangsri Jepara Tahun 2017/2018 ialah Penerimaan (Rangsangan), Partisipasi, Penentuan Sikap, Internalisasi. Jadi, Dalam mendidik anak diperlukan suatu metode yang sesuai. Dalam hal ini guru sebelum menggunakan metode harus benar-benar mempertimbangkan berbagai hal yaitu baik materi, metode maupun tujuan pendidikan Islam, sehingga tujuan pendidikan Islam dapat terwujud dengan baik. Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan, sehingga untuk mengurangi hambatan tersebut diperlukan adanya sinergisitas yang harmonis antara berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan, khususnya dalam internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode pembiasaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam UNISNU JEPARA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, MM. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 06:37 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:37 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2934 |