NOVA ARUM PUTRI MAWARNI, 131110001081 (2018) PENGARUH MARKET RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131110001081_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131110001081_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
131110001081_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
131110001081_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
131110001081_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
131110001081_BAB V.pdf - Published Version
Download (994kB) | Preview
131110001081_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Salah satu tujuan pendirian perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan serta menarik investor untuk menanamkan sahamnya. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap nlai perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan (Y), sedangkan variabel independennya adalah earning per share (X1), ukuran perusahaan (X2), profitabilitas (X3), dan leverage (X4). Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Sukma Mindra dan Teguh Erawati (2014).
Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rentang waktu 3 tahun paitu pada tahun 2013-2015. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling yang dilihat pada laporan annual report sehingga memperoleh sampel sebanyak 53 perusahaan manufaktur. Analisis data menggunakan metode regresi berganda yang digunakan untuk menguji asumsi klasik dan hipotesis, pengolahan data menggunakan program SPSS 20.0.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa (1)variabel earning per share yang diwakili EPS berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (2) variabel ukuran perusahaan yang diwakili SIZE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (3) variabel profitabilitas yang diwakili ROE berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (4) variabel leverage yang diwakili oleh DR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan Earning Per Share, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Anna Widiastuti,S.E.,M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Earning Per Share, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.155 Manajemen Pembiayaan, Deviden, Profitabilitas |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 03:43 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 03:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2856 |