FATHUL ‘ALIM, 131310001679 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF POINT COUNTER POINT (DEBAT PENDAPAT) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU MA`ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001679_COVER.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
131310001679_BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
131310001679_BAB II.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
131310001679_BAB III.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
131310001679_BAB IV.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
131310001679_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
131310001679_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penerapkan metode pembelajaran aktif poin counter point (debat pendapat) pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di MA NU Ma`arif Kudus. (2) Bagaimana efektifitas metode pembelajaran aktif poin counter point (debat pendapat) terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA NU Ma`arif Kudus tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di MA NU Ma`arif Kudus yang beralamatkan Jl. Jepara Km.5 KedungdowoKaliwungu Kudus pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MA NU Ma`arif Kudus, dan mata pelajaran yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran aqidah akhlak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran aktif point counter point (debat pendapat) pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI IPA di MA NU Ma`arif Kudus berjalan sangat baik yang dilaksanakan dengan 3 (tiga) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi). (2) Metode pembelajaran aktif poin counter point (debat pendapat) sangat efektif dalam meningkatkan kreatfitas belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA NU Ma`arif Kudus tahun pelajaran 2016/2017, terbukti dengan nilai kreaativitas siswa yang meningkat sebelum penerapan metode point counter point (debat pendapat) yaitudari38.75 % menjadi 66.25 % jadi pada siklus I meningkat sebesar 22%, dari kategori sangat rendah meningkat menjadi rendah. Pada siklus II hasi observasi terkait dengan indicator kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari 66.25 % meningkat menjadi 87.50 % . Pada hasil ini tingkat keaktifan dan kreatvitas belajar siswa meningkat 21.25 % terdapat pada kategori tinggi.Berdasar Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelaajaran aktif point counter point (debat pendapat) dapat meningkatkan kretivitas belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI di MA NU Ma`arif Kudus pada tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Aktif Point counter Point (debat Pendapat), Kretivitas Belajar Siswa. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:24 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:24 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2835 |