EKO EDI SUYITNO, 141310003029 (2018) NILAI-NILAI EDUKASI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surat Qaf Ayat 19-23). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
141310003029_COVER.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_BAB I.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_BAB II.pdf - Published Version Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_BAB III.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_BAB IV.pdf - Published Version Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_BAB V.pdf - Published Version Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
141310003029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah tugas pendidik dalam menanamkan nilai edukasi terhadap peserta didik. Nilai mana yang harus ditanamkan pada peserta didik. Proses penanaman nilai-nilai dapat melalui pendidikan formal maupun non-formal. Bagaimanakah tafsir surat Qaf ayat 19-23 menurut para mufassir dan nilai-nilai edukasi dalam Al-Qur’an surat Qaf ayat 19-23 dalam perspektif pendidikan Islam. Maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tafsir surat Qaf ayat 19-23 menurut para mufassirin; dan (2) Mengetahui nilai-nilai edukasi yang terdapat dalam surat Qaf ayat 19-23.
Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (Library Research) dengan mencari, mengumpulkan, dan menganalisis buku-buku yang relevan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif; metode induktif (khusus ke umum); metode deduktif (umum ke khusus); dan metode penafsiran ayat Al-Qur’an.
Metode tafsir ayat Al-Qur’an yang digunakan adalah metode tahlily (analisis), dimana metode yang berusaha menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an dari berbagai segi dengan memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an sebagaimana yang tercantum dalam mushaf.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai edukasi perspektif pendidikan Islam (Kajian Tafsir Al-Qur’an Surat Qaf ayat 19-23) adalah: (1) semua manusia akan mengalami sakaratul al maut, manusia akan digiring menuju Mahsyar bersama malaikat penggiring dan malaikat penyaksi, semua amal perbuatan kita akan diperlihatkan secara jelas dan terperinci tanpa mengurangi dan menambahi untuk dipertanggung jawabkan (2) Nilai i’tiqodiyyah merupakan pendidikan yang berkaitan dengan keimanan seperti percaya hari akhir. (3) Nilai khuluqiyah, peserta didik untuk berakhlak mulia dengan tujuan selamat dunia dan akhirat (4) Nilai amaliyah dan tanggung jawab peserta didik diajarkan untuk beribadah kepada Allah dengan benar sesuai dengan ajaran agama Islam sebagai bekal di dunia maupun akhirat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Ahmad Ali Munir.M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Tafsir surat Qaf ayat 19-23 menurut para mufassirin dan nilai-nilai edukasi dalam Al-Qur’an surat Qaf ayat 19-23. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:19 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:19 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |