DIAH HANDAYANI, 141310003023 (2018) PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI SMK N 2 JEPARA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003032_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003032_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003032_BAB II.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
141310003032_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003032_BAB IV.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003032_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Full Day School merupakan salah satu inovasi baru dalam bidang pendidikan di mana proses kegiatan belajar mengajarnya mewajibkan civitas akademika berada di sekolah mulai dari pagi hari hingga sore hari dan salah satu kegiatan pada sistem pembelajaran full day school; adalah mengerjakan tugas di sekolah dengan bimbingan seorang guru yang bersangkutan. Mengingat hal tersebut, maka SMK N 2 Jepara telah menerapkan suatu cara alternatif guna peningkatan prestasi belajar siswa. Alternatif yang digunakan oleh SMK N 2 Jepara adalah dengan cara mengubah metode pembelajaran yang menarik yang sekarang ini umum dikenal dengan sistem pembelajaran full day school. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bagaimana penerapan mata pelajaran PAI sistem full day school di SMK N 2 Jepara, 2) Bagaimana model pembelajaran PAI sistem full day school di SMK N 2 Jepara, dan 3) Bagaimana hasil penerapan mata pelajaran PAI sistem full day school di SMK N 2 Jepara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan tekhnik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan mata pelajaran PAI sistem full day school di SMK N 2 Jepara sudah berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan di SMK N 2 Jepara, (2) model pembelajaran PAI dengan penggunaan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran dan dengan penempatan mapel PAI pada awal pelajaran untuk mensiasati rasa jenuh pada peserta didik, (3) hasil penerapan mata pelajaran PAI sistem full day school ini menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman agama yang bagus, hal ini ditunjukan siswa lewat prestasi belajar yang bagus dan memuaskan. Adapun hasil lain dari penerapan sistem full day school adalah peningkatan perilaku keagamaan antara lain: shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, dan sholat jum’at berjamaah di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Akhirin, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Full Day School, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2829 |