Search for collections on Publications

EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI GERAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS II SDN 1 SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DEWI KARTIKA SARI, 141310003066 (2018) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI GERAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS II SDN 1 SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 141310003036_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003036_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003036_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003036_BAB II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003036_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003036_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003036_BAB V.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[thumbnail of 141310003036_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di Kelas II SDN 1 Surodadi ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru kurang mengoptimalkan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat siswa untuk memperhatikan ketika proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Hal tersebut berdampak pada kurangya pemahan siswa tentang materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi tahun pelajaran 2017/2018.
Rancangan Penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test-post-test design. Penelitian ini dilakakukan dua kali pertemuan, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif diterapkan pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi. Pertemuan pertama pre-test nilai rata-rata 79, post-test nilai rata-rata 81. Pertemuan Kedua pre-test nilai rata-rata 80, post-test nilai rata-rata 82. Jadi dapat disimpulkan penerapan model picture and picture ini efektif jika diterapkan pada materi gerakan Shalat dilihat dari hasil rata-rata menunjukkan ada peningkatan nilai sebelum dan sesudah diterapkkanya model tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran Picture and Picture, Gerakan Sholat.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat, Sholat > 2X4.121 Shalat Wajib
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:13
Last Modified: 30 Mar 2022 03:13
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item
View Item