ATIK NUR AZIZAH, 131310000734 (2018) MODEL PEMBELAJARAN TAKHASSUS DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN (Studi Kasus di MA Al-Kahfi Bawu Batealit Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
131310000460_COVER.pdf - Published Version Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_BAB II.pdf - Published Version Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_BAB III.pdf - Published Version Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_BAB IV.pdf - Published Version Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_BAB V.pdf - Published Version Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
131310000460_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karenanya pendidikan sangat perlu untuk dikembangkan dari berbagai ilmu pengetahuan, karena pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan kecerdasan suatu bangsa. Pendidikan pada dasarnya merupakan usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan dan atau latihan bagi perannya dimasa yang akan datang. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Berangkat dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah : (1) Bagaimanakah model pembelajaran takhassus di Madrasah Aliyah Al Kahfi yang berbasis pesantren. (2) Bagaimanakah analisis model pembelajaran takhassus di Madrasah Aliyah Al Kahfi yang berbasis pesantren.
Dalam penuliasan skripsi ini, penulis menggunakan Jenis pendekatan ini termasuk penelitian lapangan (field research), yang pada hakekatnya untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang pada hakekatnya data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interperestasi terhadap data yang ditemukan di MA Al Kahfi Bawu Batealit Jepara
Analisis tentang pelaksanaan model pembelajaran takhassus di MA. Al Kahfi berbasis pesantren adalah: peningkatan kualitas tenaga pengajar, pembinaan ketrampilan dan keahlian, memperbaiki sarana dan prasarana. Sedangkan analisis tentang faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelajaran takhassus di MA. Al kahfi berbasis pesantren adalah : adanya faktor pendukung dan faktor penghambat yang meliputi: kendala dana, kurangnya perhatian dan pengertian para wali murid yang cenderung menyerahkan segala urusan pendidikan pada pihak sekolahan maupun pesantren, kurangnya niat peserta didik untuk belajar di pesantren (mondok), dan kurang mampu mengatur diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:55 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:55 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |