Search for collections on Publications

MODEL PEMBELAJARAN YANBU’A BERBASIS AL QUR’AN DI TPQ MANBA’UL ULUM KEDUNGOMBO BUARAN MAYONG JEPARA

ARIF MUBARROK, 131310000894 (2018) MODEL PEMBELAJARAN YANBU’A BERBASIS AL QUR’AN DI TPQ MANBA’UL ULUM KEDUNGOMBO BUARAN MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 131310000894_COVER.pdf]
Preview
Text
131310000894_COVER.pdf - Updated Version

Download (993kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_BAB I.pdf]
Preview
Text
131310000894_BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_BAB II.pdf]
Preview
Text
131310000894_BAB II.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_BAB III.pdf]
Preview
Text
131310000894_BAB III.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_BAB IV.pdf]
Preview
Text
131310000894_BAB IV.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_BAB V.pdf]
Preview
Text
131310000894_BAB V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 131310000894_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131310000894_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara, serta bagaimana faktor yang mempengaruhi model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara.

Penelitian ini merupakan kualitatif Naturalistik. Teknik analisis data dengan cara wawancara, catatan lapangan, dan data-data serta dokumen-dokumen dengan hasil penelitian tentang model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul ulum Kedungombo Buaran mayong Jepara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Model pembelajaran yang diterapkan di TPQ Manba’ul Ulum adalah model pengajaran secara langsung. Pembelajaran disana meliputi dua fase yaitu; fase pengajaran membaca permulaan dan fase remedial membaca. Pengajaran membaca permulaan dalam praktiknya menggunakan metode pembiasaan atau pengulangan dan resitasi. Sedangkan pada tahap remedial membaca menggunakan pendekatan multi sensorik dan kesan neurologis. (2) Faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran disana adalah faktor internal yang meliputi kemampuan guru itu sendiri dan faktor eksternal yang meliputi materi ajar yang sesuai, karakteristik peserta didik dan fasilitas yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Achmad Slamet.MSI
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Yanbu’a Berbasis al Qur’an.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:53
Last Modified: 30 Mar 2022 02:53
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item
View Item