ANNIE MUHIMMATUL KHOIROH, 141310003022 (2018) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (Studi Deskriptif Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Bagi Anak Madrasah Ibtidaiyah Di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003022_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003022_BAB I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003022_BAB II.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
141310003022_BAB III.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
141310003022_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
141310003022_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Annie Muhimmatul Khoiroh Judul Skripsi “Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Studi Deskriptif Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Bagi Anak Madrasah Ibtidaiyah Di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Metode yang digunakan dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara 2) Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara 3) Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru MI / Guru Tahfid yaitu Ibu Nurul Jannah S.Pd.I selaku Koordinator Tahfidz, Ibu Sri Fitriyani serta para peserta didik Kelas III di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan Donorojo Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MI Plus Qira’ati Iqbal Tulakan, pelaksanaan pembelajaranya sudah berjalan optimal. Metode yang digunakan di MI Plus Qira’ati Iqbal yaitu cara mentikror maupun muroja’ah, metode setor ,metode tahfidz, serta metode tes hafalan (yang dilakukan oleh pihak madrasah untuk menilai hasil kemampuan siswa dalam menghafal). Faktor pendukung pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an yaitu dari guru / ustadzah, faktor usia siswa, faktor kecerdasan siswa tingkat tinggi, orang tua, yang mengajarkan, dan guru itu sendiri merupakan faktor utama dalam mendidik / mengajar dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Dan faktor penghambat pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an yaitu timbulnya sifat malas dalam diri, kurang serius dalam menghafal Al-Qur’an, kebanyakan bermain, kurang semangat, dan kurang dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa'dullah Assa'idi,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an Bagi Anak MI |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:51 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:51 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2820 |