Search for collections on Publications

KAJIAN PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NISA’ AYAT 9 DAN AT-TAHRIM AYAT 6

ANIS MA’RIFAH, 141310003076 (2018) KAJIAN PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NISA’ AYAT 9 DAN AT-TAHRIM AYAT 6. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 141310003067_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003067_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003067_BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003067_BAB II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003067_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003067_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003067_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003067_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Masih banyak dijumpai sejumlah tindakan yang jauh dari nilai-nilai luhur tujuan pendidikan. Misalnya: tawuran antar pelajar, seks bebas, dan sebagainya. Hal tersebut disebabkan proses pembelajaran masih sebatas transfer of knowledge saja. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka sangat perlu adanya pendidikan yang menyeimbangkan antara aspek-aspek pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Lalu bagaimanakah peningkatan pendidikan karakter dalam kajian surat An-Nisa’ ayat 9 dan At-Tahrim ayat 6. Maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Peningkatan pendidikan karakter dalam kajian Al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 9; dan (2) Peningkatan pendidikan karakter dalam kajian Al-Qur’an surat at-Tahrim ayat 6.

Untuk memperoleh data yang representative dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode kepustakaan (Library Research) dengan mencari, mengumpulkan, membaca dan menganalisis buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif; metode induktif (khusus ke umum); metode deduktif (umum ke khusus); dan metode penafsiran ayat Al-Qur’an.

Metode tafsir ayat Al-Qur’an yang digunakan adalah metode tahlily (analisis), dimana metode yang berusaha menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an dari berbagai segi dengan memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an sebagaimana yang tercantum dalam Mushaf. Dimulai dari menyebutkan ayat-ayat yang mau ditafsirkan, menjelaskan makna lafadz yang terdapat didalamnya, menjelaskan munasabah ayat dan menjelaskan isi kandungan ayat. Setelah penulis memperoleh rujukan yang relevan, kemudian data disusun, dianalisa, sehingga memperoleh kesimpulan.

Berdasarkan penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kajian peningkatan pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 9 adalah: (1) Memperkokoh keimanan dan akidah kepada Allah SWT; (2) Menanamkan perasaan dekat dengan Allah dimana pun dan kapan pun berada; dan (3) Mewujudkan lingkungan religius. Sedangkan kajian peningkatan pendidikan karakter dalam surat At-Tahrim ayat 6 adalah penanaman pendidikan Islam secara dini di dalam lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Sa'dullah Assa'idi,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Al-Qur’an Surat An-Nisa’ Ayat 9, dan At-Tahrim Ayat 6.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:49
Last Modified: 30 Mar 2022 02:49
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item
View Item