ANA ROHMANIYAH, 141310003031 (2018) METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 5 MI AL-ISLAM SEKURO MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Analisis Tentang Metode-Metode dalam Proses Pembelajaran dengan Kurikulum 2013). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003031_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003031_BAB I.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
141310003031_BAB II.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003031_BAB III.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003031_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003031_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skripsi yang ditulis oleh penulis sesuai dengan tiga rumusan masalah yang ada, yaitu 1) Jenis-jenis metode pembelajaran yang digunakan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Al-Islam Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Pelaksanaan Metode-Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Al-Islam Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018; dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Metode-Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Al-Islam Sekuro Mlonggo Jepara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis metode pembelajaran akidah akhlak yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas 5 MI Al-Islam Sekuro Mlonggo yaitu metode ceramah, latihan (driil), dan simulasi. Dalam pelaksanaannya jenis-jenis metode tersebut guru mata pelajaran akidah akhlak menyiapkan bahan ajar berupa materi, RPP, dan strategi yang digunakan untuk mengajar sedangakan faktor pendukungnya yaitu adanya motivasi dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya materi latihan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis lakukan adalah pendekatan kualitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang langkah-langkah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan metode apa yang sering digunakan. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang bagaimana guru menerapkan metode pembelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum
MI Al-Islam Sekuro Mlonggo Jepara. Dalam menganalisis data penulis melakukan penelaahan seluruh data, reduksi data dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa guru akidah Akhlak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi diantaranya yaitu metode ceramah, metode simulasi, dan metode latihan (driil). Salah satu langkahnya seperti pada metode simulasi yaitu menyampaikan pokok bahasan, menetapkan topik masalah yang akan disimulasikan, memberikan gambaran, menetapkan peserta didik untuk memerankan simulasi, mengkondisikan, dan memberikan tanggapan. dan itu yang
selalu konsisten dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:47 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2814 |