AMIN RIKAYANTI, 141310003028 (2018) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MI TARBIYATUL HASANAH BRINGIN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003028_COVER.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
141310003028_BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
141310003028_BAB II.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
141310003028_BAB III.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
141310003028_BAB IV.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
141310003028_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
141310003028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1)Untuk Mengetahui Prestasi Siswa Sebelum Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Tarbiyatul Hasanah Bringin Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk Mengetahui Prestasi Siswa Sesudah Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Tarbiyatul Hasanah Bringin Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Dan 3) Untuk Mengetahui Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Prestasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Tarbiyatul Hasanah Bringin Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian penelitian eskperimen. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus N-gain dan Uji t-test.
Hasil penelitian disini adalah melalui hasil nilai gain dapat diketahui peningkatan tes hasil belajar yaitu 17,16 kemudian dinormalisasikan (N-gain) melalui metode eksperimen adalah 0,44, yang menunjukkan peningkatan pemahaman atau penguasaan konsep dengan besar kisaran antara 0,3 ≤ g < 0,7 yaitu 0,61 berkategori sedang. Dalam mengukur tingkat efektifitas penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa, Penulis juga menggunakan rumus uji t test dan diperoleh hasil analisis bahwa nilai t hitung sebesar 5,497 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 (5%) dan jumlah responden (n) = 30 siswa, sehingga diperoleh rtabel = 2,042. maka analisis t hitung berada pada daerah penolakan Ho atau daerah penerimaan Ha. Sedangkan nilai probabilitas atau Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dengan diterimanya hipotesis alternatif dan ada peningkatan rerata dari 60,17 meningkat menjadi 77,83. Nilai rerata dari kategori prestasi belajar rendah pada pretest meningkat menjadi kategori prestasi belajar tinggi pada post-test. Nilai terendah pada pre-test sebesar 40 meningkat menjadi 60 pada post-test, dan nilai tertinggi pada pre-test sebesar 75 meningkat menjadi 100 pada post-test. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media audio visual berupa film animasi dengan LCD proyektor sangat efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas V MI Tarbiyatul Hasanah Bringin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Sukarman,M.Pd.I |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:46 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2813 |