IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V DI SD N 4 KALIPUCANG WETAN WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AINUR ROSYIDAH, 141310003184 (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V DI SD N 4 KALIPUCANG WETAN WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003184_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_BAB II.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_BAB III.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_BAB IV.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003184_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis al-Qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara, hasil belajar yang rendah, guru kurang mengkreasikan metode pembelajaran, materi pelajaran komplek, sarana pembelajaran yang terbatas, dan proses pembelajaran yang kurang menarik. Adapun pemecahan masalah yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam dalam penelitian ini adalah 1). Apa permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis al-Qur’an pada siswa kelas V di SD Negeri 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara? 2). Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menulis al-Qur’an pada siswa kelas V di SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara? 3). Bagaimana model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an pada siswa kelas V di SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara? 4). Apa faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menulis al-Qur’an pada siswa kelas V di SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (collaboration classroom action research) dan dilakukan sebanyak tiga siklus dan pra siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan menulis al-Qur’an pada siswa kelas V SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara yaitu pada pra siklus rata-rata peningkatan kemampuan menulis al-Qur’an (35%). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi (50%), dan meningkat lagi pada siklus II (70%) Pada siklus III mengalami peningkatan menjadi (85%). Hal itu ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus artinya ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.
Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) mempunyai dampak positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD N 4 Kalipucang Wetan Welahan Jepara. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khusunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) perlu diterapkan dan dikembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Abdul Rozaq.M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Menulis Huruf Arab.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:44
Last Modified: 30 Mar 2022 02:44
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item