AHMAD SAHAL, 141310003032 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI TAHUN AJARAN 2018/2019 (Studi Deskriptif). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003032_COVER.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
141310003032_BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
141310003032_BAB II.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
141310003032_BAB III.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
141310003032_BAB IV.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
141310003032_BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
141310003032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
141310003032_BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
141310003032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Untuk mengidentifikasi perencanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati, b. Untuk mengidentifikasi pelaksanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati, dan 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah pondok pesantren Darul Falah Amtsilati. Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). perencanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati berjalan secara tertulis, manajemen kurikulum tersebut dirumuskan oleh tim penyusun kurikulum untuk menentukan arah kebijakan pendidikan. Manajemen kurikulum tersebut dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai tahap evaluasi. Data yang telah diperoleh berdasarkan hasil observasi diperoleh profil pondok pesantren, daftar kegiatan pembelajaran, kitab rujukan yang digunakan untuk pembelajaran PAI, 2. pelaksanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati ditingkat pesantren, pimpinan pesantren bertanggung jawab atas pelaksanaannya, sedangkan ditingkat kelas yang bertanggung jawab adalah ustadz / ustadzah. Kegiatan intrakulikuler yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program. Adapun kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang diarahkan untuk memperluas pengetahuan serta mengembangkan nilai-nilai atau sikap santri, 3. faktor pendukung : a. Terdapat tim penyusun yang bertugas sebagai perumus konsep dasar dan garis-garis kebijakan pendidikan dan tujuan kurikulum. Dalam tim ini dapat terlibat pihak pondok pesantren dan tokoh masyarakat, b. Kurikulum satuan pendidikan pondok pesantren berpaduan dengan kurikulum pemerintah ( dalam hal ini Kementrian Agama), c. Pondok pesantren “Darul Falah” Amtsilati Bangsri Jepara telah mempunyai fasilitas/sarana yang memadai yang mendukung berjalannya proses pendidikan dan pengajaran. Faktor penghambat : a. Tenaga kependidikan belum semuanya memahami secara mendalam kurikulum yang telah dibuat oleh tim penyusun, b. Tidak semua santri berprestasi sesuai dengan tujuan kurikulum pondok pesantren, sehingga masih diperlukan kerja keras dari berbagai pihak terutama pihak kependidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Achmad Slamet,M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Pondok Pesantren, Darul Falah Amtsilati |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:56 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2706 |