ABDUR ROHMAN, 131310001694 (2018) STUDI DISKRIPTIF PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN DI TPQ MATHOLIU’UL HUDA MANTINGAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
131310001694_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_BAB I.pdf - Published Version Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_BAB II.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_BAB III.pdf - Published Version Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_BAB IV.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_BAB V.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
131310001694_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran al-Qur'an yang optimal akan melahirkan generasi Qur'ani yang mampu memakmurkan bumi dengan al-Qur'an dan menyelamatkan peradaban dunia di masa mendatang. Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) Matholiu’ul Huda Mantingan merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal dalam bidang baca tulis al-Qur'an, berlokasi didesa Mantingan kabupaten Jepara.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian skripsi ini adalah penerapan metode Yanbu’a dalam Pembelajaran di TPQ Matholiu’ul Huda Mantingan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, Apa kelebihan dan kekurangan penerapan metode Yanbu’a dalam Pembelajaran di TPQ Matholiu’ul Huda Mantingan Tahunan Jepara.
TPQ Matholiu’ul Huda Mantingan menggunakan metode Yanbu`a sebagai panduan dalam pembelajaran al-Qur’annya sekitar tahun 2004 setelah sebelumnya menggunakan metode Qiraati. Pada waktu itu metode Qiraati memang yang dikenal dan sedang memasyarakat di daerah Jepara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan) yaitu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala. Untuk itu data primernya adalah data yang berasal dari lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yakni berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri.
Metode Yanbu`a disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran al-Qur’an dari mengetahui, membaca serta menulis huruf hijaiyyah, kemudian memahami kaidah atau hukum-hukum membaca al-Qur’an. Metode Yanbu`a disusun per jilid dimulai dari jilid Pra TK sampai jilid 7. Dengan diterapkannya metode Yanbu’a diTPQ Matholiu’ul Huda Mantingan ini mutu bacaan qur’an siswa-siswi sangat meningkat.
Pelaksanaan Metode Yanbu'a dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Matholiu’ul Huda Mantingan Jepara dilaksanakan dengan 2 sistem yaitu pembelajaran klasikal dan individual. Pembelajaran untuk tingkat dasar (jilid 1-5) tujuan dan kurikulum pembelajaran disesuaikan masing-masing jilid yang telah ditentukan LMY (Lajnah Muroqobah Yanbu’a), sedangkan kurikulum tingkatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing : Drs. H. Amir Gufron.M.Ag |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:53 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:53 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |