ULIL HAULATUL QUDSIYAH, 131310000163 (2019) IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI MI SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310000163_COVER.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
131310000163_BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
131310000163_BAB II.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
131310000163_BAB III.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
131310000163_BAB IV.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
131310000163_BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
131310000163_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pembinaan karakter religius di MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019? Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Karakter Religius di MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter religius di MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Karakter Religius di MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : Pembinaan Karakter Religius di MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah Memberi suri tauladan yang baik, Memperingati Hari Besar Islam (PHBI), Diberlakukan Madrasah Diniyah, Menanamkan budaya islami masyarakat ke dalam ekstrakulikuler dan Penataan lingkungan bernuansa religi. Faktor Pendukung Pembinaan Karakter Religius di MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah Semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, Adanya mushola, Interaksi antar personil sekolah dalam membiasakan budaya 5-S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). Sedangkan faktor penghambat terdapat tiga faktor, antara lain yaitu: Sarana dan prasarana yang belum memadai, seperti mushola yang kurang luas, Kesadaran siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan masih relatif kurang, Lingkungan masyarakatnya kelas menengah ke bawah sehingga peradabannya masih kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2701 |