NUR ARIFIN, 211164 (2018) EFEKTIFITAS STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY FIQIH DI MTs NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNISNU JEPARA.
211164_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
211164_BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
211164_BAB II.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
211164_BAB III.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
211164_BAB IV.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
211164_BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
211164_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi PQ4R pada bidang studi Fiqih di MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahun Pelajaran 2017/2018 2. Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa melalui strategi PQ4R pada bidang studi Fiqih di MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahun Pelajaran 2017/2018. 3. Untuk membuktikan adanya efektifitas penerapan strategi PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih di MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Hasil pembahasan menunjukkan: 1. Pelaksanaan strategi belajar PQ4R pada bidang studi Fiqih di kelas VIII MTs Nahdlatul Fata Petekeyan tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam mengelola strategi PQ4R tergolong baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan sebesar 3,20 kategori baik. Rata-rata aktivitas siswa aktif lebih besar daripada siswa pasif dengan jumlah sebesar 55,66 untuk siswa aktif dan 26,33 untuk siswa pasif. Dari angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar PQ4R juga mendapatkan prosentase sebesar 85% dari keseluruhan 10 item angket yang menjawab "Ya". 2. Motivasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih mendapat kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prosentase dari hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 77% yang menjawab "ya" dari 10 item yang diberikan3. Hasil uji - t pada kelas eksperimen dan kelas control diperoleh t hitung 3,84 dan t tabel 2,86. Dengan demikian strategi PQ4R efektif terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih. 3. Hasil uji - T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung 3,84 dan t tabel 2,86. Dengan demikian strategi PQ4R efektif terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan,MM |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Belajar PQ4R, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:43 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:43 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2700 |