TAHAYU UNNIHAYA, 1313100008064 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITSDI MI. TAMRINUTH THULLAB SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1313100008064_COVER.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
1313100008064_BAB I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
1313100008064_BAB II.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
1313100008064_BAB III.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
1313100008064_BAB IV.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
1313100008064_BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
1313100008064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui implementasi atau pelaksanaan strategi pembelajaran langsung (direct learning) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017danuntuk mengetahui kendaladan solusi dalam implementasi atau pelaksanaan strategi pembelajaran langsung (direct learning) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Menurut Bagda dan Taylor (sebagaimana yang dikutip oleh Lexy J. Moleong), metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Yang dimaksud sebagai subjek penelitian adalah lokasi dan pelaku yang terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini berlokasi di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017.
Implementasi atau pelaksanaan strategi pembelajaran langsung (direct learning) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 terdapat 5 (lima) fase yang sangatpenting.Ada 5 (lima) tahapanpembelajaranlangsung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara, yaitu:
- Pertama,guru menyampaikantujuandanmempersiapkanpesertadidik;
- Kedua, Mendemonstrasi pengetahuan dan keterampilan;
- Ketiga, Membimbing melalui pelatihan;
- Keempat, Memeriksa pemahaman dan memberikan umpan balik;
- Kelima, memberikankesempatanuntuklatihanlanjutandanpenerapankonsep.
Ada beberapa alternatif solusi yang bisa dilakukan untukpelaksanaan strategi pembelajaran langsung (direct learning) pada mapelAl-Qur’an Hadits di MI. Tamrinuth Thullab Sowan Lor Kedung Jepara TP. 2016/2017adalah :
- Pemantapan perencanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung (direct learning). Hal ini sebagai cara untuk memfokuskan ketercapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
- Pemberian kepercayaan kepada para guru untuk meningkatkan diri dan menunjukkan karya dan gagasan kreatif.
- Peningkatan intensitas pembelajaran dengan metode/strategi pembelajaran langsung (direct learning). Karena strategi pembelajaran langsung (direct learning) ini sesuai pada pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Akhirin,M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran Langsung (DirectLearning), Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:42 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2699 |