ANALISIS NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH DALAM MENANGKAL PERKEMBANGAN FAHAM KEAGAMAAN RADIKAL DI INDONESIA

SAIFUL ABROR, 131310000922 (2018) ANALISIS NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH DALAM MENANGKAL PERKEMBANGAN FAHAM KEAGAMAAN RADIKAL DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310000922_COVER.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_BAB 1.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_BAB 2.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_BAB 3.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_BAB 4.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_BAB 5.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000922_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian skripsi ini adalah meningkatnya ancaman paham keagamaan radikal perlu dibendung dengan implementasi nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah. Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah dalam pendidikan Islam?. 2) Bagaimana peran nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah dalam menangkal perkembangan faham radikal di Indonesia?.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban atas kedua rumusan masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian adalah analisis nilai-nilai Aswaja dalam pendidikan Islam sebagai upaya untuk menangkal berkembangnya faham keagamaan radikal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang relevan secara substansial dengan tema penelitian. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan teknik sintesis.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai Aswaja atau yang disebut dengan manhaj al-fikr dalam pendidikan Islam meliputi, antara lain: 1) At-tawassuṭh atau sikap moderat, 2) At-tawāzun atau sikap berimbang, 3) At-tasammuh atau toleransi, dan 4) At-ta’adul atau sikap adil. Faktor pendukungnya adalah: 1) Adanya peluang terhadap implementasi nilai-nilai Aswaja, karena dalam nilai-nilai Aswaja menawarkan kehidupan keberagamaan yang damai sebagaimana tercermin dalam konsepsi manhaj al-fikr. 2) Lembaga pendidikan Islam di bawah naungan ma’arif NU secara konsisten mengajarkan materi pelajaran Aswaja termasuk di dalamnya pengenalan nilai-nilai Aswaja. 3) Nilai-nilai Aswaja selaras dan tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional.
Adapun faktor penghambatnya adalah: 1) Materi Aswaja di sekolah maupun madrasah hingga saat ini merupakan materi muatan lokal, dan pada umumnya kurang mendapatkan tanggapan yang serius oleh peserta didik. 2) Gempuran faham radikal atau ekstremisme tentang pemahaman keagamaan melalui berbagai media dan teknologi informasi yang selama ini berkembang dengan pesat. 3) Materi Aswaja belum bisa diberlakukan secara nasional sebagai materi pelajaran yang masuk dalam kurikulum pendidikan nasional di sekolah atau madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sa'dullah Assa'idi,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Ahlussunah Wal Jama’ah, pendidikan Islam, Faham Keagamaan Radikal.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:41
Last Modified: 22 Mar 2022 03:41
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item