DANI ALFINO, 131310000471 (2018) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI TSAMROTUL HUDA KECAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310000471_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
131310000471_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
131310000471_BAB II.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
131310000471_BAB III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310000471_BAB IV.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
131310000471_BAB V.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
131310000471_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisa data yaitu a). Reduksi data yaitu mengfokuskan pada hal-hal yang penting, b). Penyajian data yaitu diarahkan agar data hasil reduksi terorganisasi dan tersusun, c). Verifikasi data yaitu kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan berubah jika ditemukan bukti kuat mendukung tahap pengumpulan data.
Penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas V di MI Tsamrotul Huda Kecapi Tahun Pelajaran 2017/2018 sudah berjalan baik. Dalam pelaksanaannya guru mengajak peserta didik untuk aktif. Siswa aktif melaksanakan kegiatan berdiskusi, pembagian kelompok satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok di kelas VA jumlah siswanya yaitu 23 jadi setiap kelompoknya adalah 4-5 orang. Sebelum siswa membahas materi yang telah di tetapkan, siswa diminta untuk mendengarkan penjelasan dari guru. Setelah guru menjelaskan guru meminta siswa dalam kelompok tersebut untuk mencari informasi tentang materi iman kepada hari akhir di buku paket maupun dalil-dalil yang mendukung yang ada di dalam al-qur'an. Siswa saling bertukar informasi dan pendapat dalam satu kelompoknya. Setelah berdiskusi mengenai materi setiap kelompok diwajibkan untuk menulis 1 pertanyaan mengenai iman kepada hari akhir. Yang terakhir yaitu melakukan Repetition, Melakukan repetisi Pada kegiatan ini guru mengulas semua materi kepada seluruh siswa.
Faktor pendukung dalam penerapan-penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas V di MI Tsamrotul Huda Kecapi tahun pelajaran 2017/2018 meliputi a). Sikap mental dari pendidik serta kemampuan pemahaman dan penugasaan materi yang telah dikuasai oleh pendidik, b). Sikap aktif dari siswa yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). c). sarana yang tersedia di dalam pembelajaran misal buku paket atau pun buku yang mendukung megenanai materi yang telah dibahas bersama. Adapun faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) di MI Tsamrotul Huda Kecapi meliputi: a) bagi siswa yang kurang aktif akan jenuh karena mereka dipaksa untuk berfikir agar mau mengutarakan pendapat. b). waktu yang tersedia kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:37 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:37 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2694 |