SRI ALIMAH, 225234 (2018) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI. DARUL ULUM SRIKANDANG 01 BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
225234_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
225234_BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
225234_BAB II.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
225234_BAB III.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
225234_BAB IV.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
225234_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
225234_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimanakah penerapan motede tanya jawab pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Darul Ulum Srikandang 01 Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 2). Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI. Darul Ulum Srikandang 01 Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif analitik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara untuk memperoleh data penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran aqidah akhlak.
Data penelitian yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode tanya jawab dalam KBM di MI. Darul Ulum Srikandang 01 yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan langkah-langkah penerapan metode tanya jawab antara lain: Mencari alasan pemilihan metode tanya jawab, Menetapkan pertanyaan yang akan dikemukakan, Menyediakan kesempatan bertanya bagi siswa, Mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, Menyimpulkan jawaban siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran, Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya pada hal-hal yang belum dipahami, Menyimpulkan materi jawaban yang relevan dengan tujuan pembelajaran, Memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi berikutnya di rumah dan menulis pertanyaan yang akan diajukan pada pertemuan berikutnya. 2). Faktor yang mempengaruhi penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran di MI. Darul Ulum Srikandang 01 Bangsri Jepara yaitu terdiri dari faktor internal. Yang menjadi pendukung berapa kemampuan guru dalam menggunakan metode tanya jawab dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sedangkan yang menjadi penghambat adalah kurangnya semangat peserta didik dan kurangnya perhatian siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode Tanya Jawab |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:02 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2689 |