Search for collections on Publications

PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Batik di Jepara)

MUHAMMAD ZAENAL MABRUR, 141110001514 (2019) PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Batik di Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141110001514_COVER.pdf]
Preview
Text
141110001514_COVER.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_BAB I.pdf]
Preview
Text
141110001514_BAB I.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_BAB II.pdf]
Preview
Text
141110001514_BAB II.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_BAB III.pdf]
Preview
Text
141110001514_BAB III.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141110001514_BAB IV.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_BAB V.pdf]
Preview
Text
141110001514_BAB V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 141110001514_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141110001514_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Batik Jepara merupakan salah satu batik yang unggul yang ada di Indonesia. Keunggulan ini terlihat dari motif batik yang berbeda dan memiliki keindahan disbanding batik yang ada di pasaran. Keunggulan bersaing tidak dapat dipahami dengan cara memandang sebuah perusahaan sebagai suatu keseluruhan, tetapi harus dari asal keunggulan bersaing itu, yaitu berbagai aktivitas berlainan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mendesain, memproduksi, memasarkan, menyerahkan dan mendukung produknya.
Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, inovasi dan orientasi teknologi terhadap keunggulan bersaing UMKM Batik di Jepara. Maka obyek penelitian adalah seluruh seluruh UMKM Batik di Jepara tahun 2018 sebanyak 68 perusahaan. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa Hasil uji F diketahui nilai Fhitung (177,184)> Ftabel (2,72), dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa Kualitas produk, Inovasi, Orientasi teknologi secara bersamaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara. Hasil uji t untuk pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara diketahui nilai thitung = 3,012> ttabel (1,669) dan nilai signifikan 0,004< 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara. Hasil uji t untuk pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara diketahui nilai thitung = 5,961 > ttabel (1,669) dan nilai signifikan 0,000< 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa inovasi mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara. Hasil uji t untuk pengaruh orientasi teknologi terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara diketahui nilai thitung = 2,921 > ttabel (1,669) dan nilai signifikan 0,005< 0,05, jadi dapat dijelaskan bahwa orientasi teknologi mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha Batik Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Samsul Arifin, S.E., MM.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Inovasi, Orientasi Teknologi Dan Keunggulan Bersaing.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:20
Last Modified: 21 Mar 2022 03:20
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item
View Item