Search for collections on Publications

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM SEKURO MLONGGO JEPARA

FATKHIYATUS SHOLIKHAH, 141310003050 (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM SEKURO MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 141310003050_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003050_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003050_BAB I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003050_BAB II.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003050_BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003050_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003050_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 141310003050_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui penerapan metode Index Card Match dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara
Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan denggan observasi, dokumentasi, dan lembar evaluasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara pada Pra Siklus ditemukan: kondisi kelas masih kurang interaktif, kurang komunikatif, dan masih sebagian yang belum menguasai materi pembelajaran, dan masih banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pada Siklus I, di awal pembelajaran semua siswa mengikuti pembelajaran sampai selesai, saat sesi tanya jawab sebagian siswa mengacungkan tangan dan dapat menjawab pertanyaan dengan benar, meskipun masih banyak juga siswa yang belum aktif. Pada Siklus II, saat sesi tanya jawab tentang iman pada Allah SWT yang telah diberikan sebelumnya, sebagian besar siswa mengacungkan tangan dan dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak ditunjukkan pada Pra Siklus dikategorikan cukup (60%) pada siklus I mengalami peningkatan angka rata-rata kelas dengan kategori baik (71,8%), dan siklus II rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang dikategorikan baik (78,4%). Penggunaan metode index card match mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa, dibuktikan rata-rata keaktifan siswa ada pra siklus (49%) dikategorikan kurang aktif, pada siklus I (68%) mengalami kenaikan meskipun dalam kategori aktif tetapi belum berhasil mencapai 70%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori aktif (80%) dan sudah berhasil mencapai 70%. Jadi strategi index card match dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Aqidah Akhlak, Prestasi Belajar, Keaktifan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:55
Last Modified: 17 Mar 2022 06:55
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item
View Item