KHALIMATUR RODIYAH, 131310001682 (2018) IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS KELAS IX DI MTs NURUL ISLAM JEBOL MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
131310001682_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
131310001682_BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
131310001682_BAB II.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
131310001682_BAB III.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
131310001682_BAB IV.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
131310001682_BAB V.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
131310001682_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), disebut dengan Classroom Action Research. Munculnya penelitian tindakan kelas (PTK) dilatarbelakangi oleh banyaknya penelitian pendidikan yang dilakukan oleh para peneliti yang tidak berhubungan langsung dengan subyek penelitian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah implementasi metode Resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 ?, (2) Bagaimanakah prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 ? dan (3) Apakah implementasi metode Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui implementasi metode Resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 dan (3) Untuk mengetahui implementasi metode Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dari pembahasan teori dan hasil penelitian serta analisis data yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya maka, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : (1) Pelaksanaan Metode Resitasi Pada Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, telah berjalan dengan sangat baik. Hal ini terbukti dengan adanya keaktifan siswa dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dengan tingkat keaktifan belajar sebesar 83,33% dan peningkatan nilai-rata-rata kelas mencapai 87,5., dan (2) Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, setelah menggunakan metode resitasi, tingkat hasil Belajar Al-Qur’an Hadits semakin baik. Hal ini didasarkan pada pencapaian nilai rata-rata kelas 87,5%. Dan (3) Implementasi metode Resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Haditssiswa Kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, hal ini terbukti dengan adanya pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 mencapai 95% di akhir siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil Belajar Al-Qur’an Hadits mengalami peningkatan, baik dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar siswa menjadi tuntas dan sesuai dengan KKM. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan diterima. artinya penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil Belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX MTs Nurul Islam Jebol Mayong Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan.MM |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 04:19 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 04:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2654 |