LUTHFIYATUL MAHMUDAH, 141310003268 (2018) KONSEP DAN IMPLEMENTASI KETELADANAN DAN AKHLAK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis Buku Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag.). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003268_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003268_BAB I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
141310003268_BAB II.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
141310003268_BAB III.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
141310003268_BAB IV.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
141310003268_BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
141310003268_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Keteladanan dan Akhlak Guru Pendidikan Agama Islam dalam buku karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag, Implementasi Keteladanan dan akhlak guru Pendidikan Agama Islam dalam buku karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap konsep dan Implementasi Keteladanan dan Akhlak Guru Pendidikan Agama Islam dalam Buku Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag. maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada Implementai Keteladanan dan Akhlak Guru Pendidikan Agama Islam dalam buku Karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag. sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penulis tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Hasil penelitian mengenai konsep dan Implementasi Keteladanan dan Akhlak Guru Pendidikan agama Islam dalam buku Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Karya Dr. H. Akmal Hawi, M. Ag. Yaitu: keteladanan guru adalah suatu perbuatan atau tingkah laku yang baik yang patut ditiru anak didik yang dilakukan oleh guru didalam tugasnya sebagai pendidik sedangkan akhlak guru yakni suatu tingkahlaku manusia dalam pergaulan sehari-hari perbuatan tersebut timbul secara mudah tanpa direncanakan dan sudah menjadi kebiasaan. Implementasi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam diataranya: sabar, bersifat kasih sayang,adil terhadap sesama murid, berwibawah, menjauhkan diri dari perbuatan tercela sedangkan Implementasi Ahklah Guru Pendidikan Agama Islam diantaranya: Akhlak kepada Allah, Ahlak terhadap sesama manusia, Akhlak terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq,M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan dan Akhlak Guru Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 04:13 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 04:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2650 |