KHUSNUL KHAMIDIYAH, 141310003246 (2018) KONSEP KECERDASAN INTERPERSONAL MENURUT BUKU SETIAP ANAK BERHAK MENJADI JENIUS KARYA RETNO KUSUMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003246_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003246_BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
141310003246_BAB II.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
141310003246_BAB III.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
141310003246_BAB IV.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
141310003246_BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
141310003246_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kecerdasan interpersonal dalam buku Setiap Anak Berhak Menjadi Jenius karya Retno Kusuma dan bagaimana dalam perspektif pendidikan Islam.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Konsep Kecerdasan Interpersonal Menurut Buku setiap Anak Berhak Menjadi Jenius Karya Retno Kusuma dalam Perspektif Pendidikan Islam, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Hasil penelitian mengenai Konsep Kecerdasan Interpersonal Menurut Buku Setiap Anak Berhak Menjadi Jenius Karya Retno Kusuma adalah: Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan anak dalam memahami orang lain sehingga muncul rasa cinta kasih yang kuat dan penyelesaian masalah terhadap orang lain. Kecerdasan ini memiliki relevansi dan peran penting dalam menyelaraskan kehidupan sosial anak. Cara melejitkan kecerdasan interpersonal antara lain, (a) bikin buku alamat, (b) pahami bahasa tubuh orang, (c) belajar kelompok, (d) aktif berpartisipasi, (e) belajar menjadi pemimpin, (f) buat daftar kekuatan dan kelemahan diri, (g) cari pengalaman baru. Kecerdasan interpersonal dalam perspektif Islam dianggap sangat penting dan erat kaitannya dengan pembelajaran pendidikan Islam. Karena dalam pembelajaran memerlukan interaksi yang baik antara pendidik dan peserta didik. Sehingga, peserta didik menjadi aktif dan dinamis melakukan interaksi dalam proses pembelajaran dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Mahalli, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal dan Pendidikan Islam |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:55 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2647 |