NIKMATUL WAHIDAH, 141310003149 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR TENTANG TELADAN NABI MUHAMMAD SAW DI RA MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 141310003149_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 141310003149_BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. 141310003149_BAB II.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4. 141310003149_BAB III.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. 141310003149_BAB IV.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. 141310003149_BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. 141310003149_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 141310003149_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Bercerita Tentang Tauladan Nabi Muhammad SAW dengan Media Gambar di RA Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara (2) Nilai-Nilai Edukatif apa yang ditanamkan pada anak RA Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara setelah melakukan kegiatan Bercerita Tentang Tauladan Nabi Muhammad SAW dengan media gambar (3) Hasil dari Kegiatan Bercerita Tentang Tauladan Nabi Muhammad SAW dengan media gambar dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam di RA Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Adapun penelitian ini masih tergolong dalam penelitian kualitatif sebab pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif diskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pelaksanaan Internalisasi Pendidikan Islam melalui kegiatan bercerita dengan media gambar tentang tauladan Nabi Muhammad SAW di RA Mafatihul Akhlaq Demangan disini menggunakan 3 metode yaitu metode tanya jawab, metode bercerita itu sendiri dan metode tauladan. Dalam kegiatan bercerita ini guru menggunakan media gambar untuk mempercepat anak menangkap pelajaran. Adapun nilai-nilai edukasi yang tertanam pada anak adalah sikap jujur dan amanah, kesabaran, kepekaan sosial, memiliki rasa tanggung jawab, serta kedisiplinan. Sebab dalam kegiatan bercerita ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. Jadi yang disampaikan guru disini adalah tentang puasa ramadhan. Anak diajak untuk berlatih berpuasa, bagaimana puasa Rasulullah SAW, apa saja yang beliau lakukan saat berpuasa. Itu disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Adapun hasil dari kegiatan bercerita ini adalah anak mampu menyebutkan Rukun islam, sebab puasa disini termasuk rukun islam yang ke 4. Anak mengetahui pengertian puasa dan hal-hal yang boleh dilakukan dan dilarang pada saat berpuasa, Anak berlatih berpuasa meskipun baru setengah hari, tercapainya indikator pengembangan pada anak, serta penggunaan media yang baik akan mendukung kegiatan bercerita. Nilai-nilai pendidikan islam terdiri dari tiga pilar yaitu I’tiqodiyah yang berarti anak mengetahui rukun islam dan rukun iman. Pilar yang ke dua yaitu Khuluqiyah yang berarti etika pada saat pembelajaran dan pilar yang terakhir yaitu Amaliyah didalamnya yaitu berisi apa yang dilakukan anak pada saat pembelajaran (praktiknya).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam > 2x9.1 Sejarah Islam pada Zaman Nabi Muhammad SAW 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:33 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2589 |