RORO FIRMAN ROFIATUR ROSYIDAH, 131310001673 (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM YANG DITULIS OLEH HASAN BASRI DAN BENI AHMAD SAEBANI. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1. 131310001673_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 131310001673_BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. 131310001673_BAB II.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
4. 131310001673_BAB III.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
5. 131310001673_BAB IV.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
6. 131310001673_BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. 131310001673_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani. 2. Untuk mengetahui kurikulum pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani. 3. Untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani. 4. Untuk mengetahui konsepsi Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani tentang pendidikan Islam.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dengan hasil sebagai berikut: Konsep Pendidikan Islam Menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani Dalam Buku Ilmu Pendidikan Islam.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani Adalah: Mewujudkan manusia yang berkepribadian Islam, Melatih dan membimbing agar peserta didik menguasai tsaqafah, Melatih dan membimbing peserta didik agar dapat menguasai ilmu kehidupan (IPTEK), Melatih dan membimbing peserta didik agar memiliki ketrampilan yang memadai. 2) Kurikulum pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani adalah: Kurikulum pendidikan Islam harus mewujudkan tujuan pendidikannya, materi pelajarannya, Kurikulum pendidikan Islam sangat memperhatikan pengembangan menyeluruh tentang aspek pribadi siswa, yaitu dari itelektual, psikologis, sosila dan spitritual, Kurikulum pendidikan Islam harus memperhatikan keseimbangan antara pribadi dan masyarakat, dunia dan akhirat, jasmani, akal dan rohani manusia. Keseimbangan itu tentunya bersifat relatif karena tidak dapat di ukur secara obyektif, Kurikulum Islam juga memperhatikan perbedaan-perbedaan kebudayaan di tengah masyarakat, baik itu kaitannya dengan kebutuhan dan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, keluwesan, seta emneria perkembangan dan perubahan. Kurikulum pendidikan Islam juga memiliki keserasian dengan kdsesuaian perubahan zaman. 3) Metode pendidikan Islam menurut Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani, adalah: Metode Mutual Education, Metode Kisah Qur’ani dan Nabawi, Metode Perumpamaan, Metode Keteladanan, Metode Ibrah dan Mau’izhah. 4) Konsepsi Hasan Basri Dan Beni Ahmad Saebani tentang pendidikan Islam adalah berdasarkan historis pendidikan Islam, berdasarkan pemikiran dan teori pendidikan Islam, dan berdasarkan metodelogis pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Abdul Rozaq Alkam, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 03:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2571 |