AHMAD SLAMET, 1413110003276 (2019) KOMPARASI TUJUAN PENDIDIKAN K.H. HASYIM ASY'ARI DAN K.H. AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003276_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003276_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
141310003276_BAB II.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
141310003276_BAB III.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
141310003276_BAB IV.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
141310003276_BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
141310003276_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui tujuan pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy'ari. 2) untuk mengetahui tujuan pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan. 3) untuk mengetahui komparasi tujuan pendidikan K.H. Hasyim Asy'ari dan K.H. Ahmad Dahlan.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatis. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis datapada sumber-sumber yang ada yang didapat dari buku-buku, tulisan-tulisan dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Untuk itu, , untuk itu penulis menggunakan pendekatan deskriptif kepustakaan dengan berdasarkan tulisan yang mengarah pada pembahasan skripsi ini. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis maupun, gambar maupun elektronik. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang dimaksud untuk membuka pesan yang terkandung dalam bahasa tentang pendidikan Islam yang diungkapkan oleh kedua tokoh yang berbeda. Dan juga menggunakan metode interpretasi data dan metode berfikir dedukasi.
Hasil analisa, menunujkan bahwa. 1) tujuan pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy'ari adalah menciptakan manusia yang selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat, yakni melahirkan manusia yang dalam kehidupanya selalu dan setiap saat ingat kepada Allah SWT yang menciptakanya serta menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai khalifah yang diciptakan tuhan dimuka bumi. Sedangkan tujuan pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan melahirkan manusia-manusia baru yang siap tampil sebagai manusia intelek dan intelek manusia, yakni manusia baru yang memiliki keteguhan iman dan pengetahuan yang luas serta memiliki ketrampilan dalam mengamalkan ilmu pengetahuanya, kuat jasmani dan ruhaninya. 3) tujuan pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy'ari dan K.H. Ahmad Dahlan sepakat bahwa dasar tujuan pendidikan Islam harus kembali pada sumber primer umat Islam, yakni Al-Qur'an dan Hadits. Dari uraian tujuan pendidikan Islam yang dikemukakan kedua tokoh tersebut maka terlihat persamaan dan perbedaan. K.H. Hasyim Asy'ari dengan tetap mempertahankan budaya dan nilai-nilai tradisional yang telah dimiliki Islam dan Indonesia dalam pembentukan tjuan yang diharapkan dalam pendidikan Islam. Sedangkan K.H. Ahmad Dahlan cenderung bercorak pembaharuan sosial agar nantinya tujuan pendidikan Islam dan pendidikan Umum bisa berjalan beriringan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Mufid, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 03:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2570 |