Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK

AHMAD MUTTAQIN, 141310003279 (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141310003279_COVER.pdf]
Preview
Text
141310003279_COVER.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_BAB I.pdf]
Preview
Text
141310003279_BAB I.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_BAB II.pdf]
Preview
Text
141310003279_BAB II.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_BAB III.pdf]
Preview
Text
141310003279_BAB III.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141310003279_BAB IV.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_BAB V.pdf]
Preview
Text
141310003279_BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 141310003279_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141310003279_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ittihad Babalan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan manajemen pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ittihad Babalan (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran di MTs Nurul Ittihad Babalan. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Manajemen Pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ittihad berjalan dengan baik, melaui proses kegiatan belajar di dalam kelas, guru sudah menerapkan pembelajaran model kurikulum 2013, meskipun terkadang tetap memakai cara lama yaitu pendekatan Kurikulum KTSP, Meskipun cara penilaiannya dan buku materinya sudah menggunakan kurikulum 2013. Adapun untuk proses pembelajarannya adalah dengan menggunakan metode maupun media pembelajaran yang disesuaikan dengan modalitas gaya belajar siswa.
faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran di MTs Nurul Ittihad adalah : 1) kemauan siswa untuk belajar 2) kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diajarkan 3) sarana dan prasarana 4) lingkungan sekitar.
Pada awalnya Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tetapi setelah memperhatikan keadaan ruang kelas maka guru merubah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penggunaan media yang telah disiapkan juga digunakan dengan baik dan kedisiplinan peserta didik terbentuk dengan baik serta penilaian terhadap laporan hasil belajar siswa berjalan dengan baik. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik mata pelajaran Fiqih atau sekolah yang ingin menerapkan manajemen pembelajaran mata peljaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Achmad Slamet, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Dan Fiqih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:55
Last Modified: 15 Mar 2022 02:55
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item
View Item