YUNIAR ROUDLOTUN NISSA, 141310003164 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI AN-NUR MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
14130003164_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14130003164_BAB I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14130003164_BAB II.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14130003164_BAB III.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14130003164_BAB IV.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14130003164_BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14130003164_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media flashcard pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi isra’mi’raj Nabi Muhammad Saw kelas IV di MI An-Nur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media flashcard pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi isra’mi’raj Nabi Muhammad SAW kelas IV di MI An-Nur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui peningkatan aktifitas belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media flashcard pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi isra’mi’raj Nabi Muhammad Saw kelas IV di MI An-Nur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre experimental design menggunakan variabel tunggal tipe one-group pretest-posttest design. Desain ini melibatkan suatu kelompok yang diberi pre-test (O), diberi suatu treatment (X) dan diberi post-test (O). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI An-Nur Mlonggo Jepara. Penentuan teknik sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 21 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 69,04 dan rata-rata nilai posttest sebesar 82,47. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil analisis uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung 12,393 sedangkan nilai ttabel dengan df 20 pada taraf signifikansinya 0,05 adalah 2,021. Berdasarkan hasil tersebut thitung > ttabel (12,393 > 2,021) dan nilai sig. (2-tailed) signifikansinya lebih kecil dari pada 0,05 (0,00 < 0,05) maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan secara signifikan. Penerapan untuk aktivitas belajar siswa saat pretest 67,33% dan aktivitas belajar saat posttest 82,85%, maka diperoleh peningkatan sebesar 15,55%. Setelah dilakukan treatment pemberian eksperimen metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui media flashcard terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran SKI materi isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW di MI An-Nur Mlonggo Jepara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Flashcard, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 04:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2555 |