SHOFIA ULFIANA FIRDAUS, 151310003333 (2019) EFEKTIFITAS PENERAPAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) PEGON FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI TPQ ROUDLOTUL HIKMAH BAWU BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003333_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003333_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003333_BAB II.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003333_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003333_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003333_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003333_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan alat peraga edukatif pegon flip chart terhadap keterampilan menulis siswa di TPQ Roudlotul Hikmah Bawu Batealit Jepara. (2) Untuk mengetahui efektifitas penerapan alat peraga edukatif pegon flip chart terhadap keterampilan menulis siswa di TPQ Roudlotul Hikmah Bawu Batealit Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Al-Qur’an 2 di TPQ Roudlotul Hikmah Bawu Batealit Jepara dengan jumlah 36 siswa. Tahapan dalam penelitian ini adalah tes awal (pretest), pemberian perlakuan dengan alat peraga edukatif pegon flip chart, dan tes akhir (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik non tes meliputi observasi dan wawancara. Untuk mengumpulkan data tentang keterampilan menulis siswa menggunakan metode tes tertulis. Dan untuk mengumpulkan data tentang proses pembelajaran dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan tenaga pendidiknya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Penerapan alat peraga edukatif pegon flip chart yang dilakukan dua kali pertemuan, yaitu pada tanggal 29 dan 30 Juni 2019 dengan komponen huruf pegon, cara membaca dan contoh kata dari huruf tersebut, diawali dengan huruf pegon ha atau a dengan contoh kata ibu, na dengan contoh kata nasi, ca dengan contoh kata kaca dan cacing, ra dengan contoh kata rajin, ka dengan contoh kata kamar, da dengan contoh kata dalam, ta dengan contoh kata tamu, sa dengan contoh kata sapu, wa dengan cotoh kata wajib, la dengan contoh kata lampu, pa dengan contoh kata pasar, dha dengan contoh kata dholan, ja dengan contoh jalan, ya dengan contoh kata iyalah dan yaitu, nya dengan contoh punya, ma dengan contoh kata masuk, ga dengan contoh kata gambar, ba dengan contoh kata baju, tha dengan contoh kata tongkat, dan yang terakhir nga dengan contoh kata pulang. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis pegon siswa di TPQ Roudlotul Hikmah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 71,33 dan hasil rata-rata posttest 87,58. Selain itu, dari hasil uji T didapatkan nilai t0 dan tt, dengan df 35 diperoleh angka 2,03 untuk taraf signifikansi 5%. Nilai t0 > tt (9,98 > 2,03) maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest terhadap keterampilan menulis siswa menggunakan alat peraga edukatif pegon flip chart. Hal ini berarti penggunaan alat peraga edukatif pegon flip chart efektif dalam pembelajaran menulis pegon di TPQ Roudlotul Hikmah Bawu Batealit Jepara. Harapannya pegon flip chart dapat digunakan oleh guru TPQ Roudlotul Hikmah dalam pembelajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Edukatif, Pegon Flip Chart, Keterampilan Menulis |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:10 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 04:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2548 |