ERNI JOHAN, 141310003068 (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE ACHIEVEMENT GROUPING (Studi Kasus Di Mi Al Islam Sekuro Mlonggo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
1413100003068_COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1413100003068_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
1413100003068_BAB II.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
1413100003068_BAB III.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
1413100003068_BAB IV.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
1413100003068_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
1413100003068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitianuntuk: 1.mengetahui Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui metode Achievement Grouping sebagai upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas III MI al Islam Sekuro Mlonggo Jepara, 2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui metode Achievement Grouping sebagai upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas III MI al Islam Sekuro Mlonggo Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI al Islam Sekuro Mlonggo Jepara. Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1.Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits melalui metode Achievement Grouping sebagai upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas III MI Al Islam Sekuro Mlonggo Jepara melalui beberapa tahapan meliputi, guru membagi anak menjadi 5 kelompok sesuai dengan kemampuan dan prestsi masing-masing. Kelompok 1, yaitu anak-anak yang memiliki kecerdasan tinggi, kelompok 2, yaitu anak-anak yang memiliki kecerdasan sedang, kelompok 3, yaitu anak-anak yang memiliki kecerdasan biasa, kelompok 4, yaitu anak-anak yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata, kelompok 5, yaitu anak-anak yang memiliki kecerdasan minimum. Hal ini sesuai dengan konsep pembelajaran menggunakan metode Achievement Grouping.
Faktor pendukung yaitu : (a. Adanya kemauan dari seorangguru yang bersangkutan untuk menerapkan modelpembelajaran berbasis active learning khususnya metode Achievement Groupingpada pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas III MI Al Islam Sekuro Mlonggo Jepara merupakan nilai plustersendiri, 2. Adanya antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran juga sangat penting dalam penerapan metode Achievement Grouping, 3. Adanya dukungan dari pihak Kepala Madrasah, 4. Adanya kelengkapan sarana-prasarana pembelajaran.
Faktor penghambat yaitu : terdapat peserta didik yang kurang faham tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Achievement Grouping dan masih malu-malu dalam mengungkapkan gagasan mereka merupakan hal yang dapat dimaklumi, karena peserta didik sudah terbiasa dengan metode ceramah yang biasanya dipakai oleh kebanyakan guru dan sedikitnya kesempatan untuk mengungkapkan gagasan-gagasan mereka. Masih sedikitnya guru yang faham tentang pemanfaatan metode Achievement Grouping hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Karena keberhasilan penerapan suatu model pembelajaran dipengaruhi juga oleh adanya kerjasama antar guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur’an, Al-Qur’an Hadits, Metode Achievement Grouping |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 04:07 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 04:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2547 |