NUR RIYANTIKA, 141310003033 (2019) PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS XI IPA 1 MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003033_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003033_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
141310003033_BAB II.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003033_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003033_BAB IV.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
141310003033_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas XI IPA 1 MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist. Dan serta menerapkan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Dan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an Hadist pada bab “Betapa Giatnya Aku Bekerja”, menggunakan penerapan metode Everyone Is A Teacher Here menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai awal 96,25 meningkat menjadi 96,3 atau terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,53%. Ketuntasan belajar dalam kelas rata-rata nilai sebesar 100% (semuanya dapat melampaui KKM). Sedangkan aktivitas siswa positif dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 73,80% naik menjadi 90,22% serta peurunan aktivitas negatif siswa dari 12,5% turun menjadi 7,75%. Hal ini dapat ditunjukkan dari kegiatan observasi siswa, yaitu terekam data aktivitas positif sebanyak 100% yang bersemangat dalam hal mendengarkan penjelasan guru, 96,55% aktif mengajukan pertanyaan dan 96,55% mencatat materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, serta 86,20% siswa membaca materi terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Sedangkan data aktivitas negatif sebanyak 17,24% berdiskusi sendiri dengan teman, dan 6,89% tidak memperhatikan pembelajaran. Harapannya dalam penelitian tersebut adalah dapat menjadikan acuan dalam pengaplikasian metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusratus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Everyone Is a Teacher Here, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:55 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2542 |