ZARONI, 151310003323 (2019) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI DESA MULYOHARJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003323_COVER.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
151310003323_BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
151310003323_BAB II.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
151310003323_BAB III.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
151310003323_BAB IV.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
151310003323_BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
151310003323_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilaksanakan bertujuan untuk: 1) menguraikan peranan orang tua dalam pembinaan pendidikan Agama Islam bagi anak di desa Mulyoharjo Jepara. 2) mengetahui penghambat dan pendukung tidak terlaksananya Pendidikan Agama Islam bagi anak di Desa Mulyoharjo Jepara
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian orang tua desa Mulyoharjo Jepara dan pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi.
Setelah dilaksanakan penelitian bahwa Peran orang tua dalam pendidikan agama Islam bagi anak di desa Mulyoharjo sesuai hasil penelitian yang dilakukan yaitu sebagai teladan dalam pembentukan pribadi anak sesusai dengan keadaan anak di rumah dan juga dilingkungan, beberapa orang tua warga Mulyoharjo masih mementingkan pendidikan agama dan memberikan contoh yang baik kepada anak, sehingga tercipta kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Sebagai motivator dalam pengembangan pendidikan agama pada anak, motivasi orang tua terhdap anak selalu dilakukan guna terlaksananya pendidikan agama yang tergambar lewat ketiga lembaga pendidikan utama, yaitu lembaga pendidikan formal, informal dan lembaga pendidikan nonformal, hal ini dilakukan agar anak ada rangsangan dalam kegiatan yang dilaksanakan. Peran orang tua sebagai figur utama dalam pembinaan etika untuk pergaulan sehari-hari dimulai dari pembinaan sikap anak sesuai ajaran agama islam dibentuk pertama kali di rumah melalui pengalaman yang didapat dari orang tuanya karena orang tua merupakan figur utama dan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak, kemudian disempurnakan dan diperbaiki oleh guru disekolah maupun ditempat pengajian.
Faktor penghambat pendidikan agama Islam bagi anak di Desa Mulyoharjo Jepara diantaranya; kurangnya pengawasan dari orang tua, tidak diminatinya pendidikan agama islam dan banyak yang mengejar pendidikan umum, pendidikan orang tua yang rendah, faktor lingkungandan faktor media massa. Faktor pendukung terlaksananya pendidikan agama Islam bagi anak di desa Mulyoharjo Jepara adalah: terjalin hubungan yang harmonis dalam keluarg, lingkungan masyarakat yang agamis, terdapat lembaga pendidikan Islam dilingkungan sekitar dan kesadaran orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Mufid, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pembinaan Pendidikan Agama Islam , Bagi Anak |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:21 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2536 |