LISTIYANINGSIH, 151310003303 (2019) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS V MI DARUL HUDA 02 KARANGGONDANG MLONGGO JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003303_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003303_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003303_BAB II.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003303_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003303_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003303_BAB V.pdf - Published Version
Download (930kB) | Preview
151310003303_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat penerapan metode drill pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V MI Darul Huda 02 Karanggondang. Manfaat praktis dari penelitian ini adalah sebagai pertimbangan bahwa adanya metode pembelajaran yang inovatif dapat mengoptimalkan konstruksi pengetahuan siswa yang secara positif mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam rancangan true eksperimental dan desain post-test only design group. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes dan non tes. Untuk menganalisa data hasil penelitian, digunakan aplikasi spss 25 dan rumus statistik inferensial uji t.
Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pembelajaran al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, naik 8,57 % yaitu dari 70 menjadi 81 . Rata-rata nilai pembelajaran al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol berada pada kategori tinggi, naik 5,71 % yaitu dari 70 menjadi 74. Dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi (uji-t) penerapan metode drill pada pembelajaran al-Qur’an Hadits, maka diperoleh nilai t hitung = 6,65 dan t tabel = 2,059, sehingga t hitung > t tabel atau 6.65 > 2,059. Berdasarkan ketentuan uji signifikansi (uji-t), jika t hitung > t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Faktor pendukung dalam penerapan metode drill adalah meningkatkan ketangkasan peserta didik, meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan peserta didik lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari. Adapun faktor penghambat dalam penerapan metode drill adalah, peserta didik merasa cepat bosan, serta keterbatasan waktu.
Kesimpulan penelitian ini adalah metode drill efektif diterapkan pada pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas V MI Darul Huda 02 Karanggondan Mlonggo Jepara tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 03:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2523 |