PUTRI APRIYANI, 141310003060 (2019) PENERAPAN METODE HAQUR CERAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT PENDEK BESERTA TERJEMAHANNYA DI PAUD PESONA SUKODONO TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141310003060_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003060_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
141310003060_BAB II.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
141310003060_BAB III.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
141310003060_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
141310003060_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
141310003060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1. Untuk mengetahui Penerapan metode HAQUR CERAK dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek beserta terjemahannya di PAUD PESONA Sukodono Tahunan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Penerapan metode HAQUR CERAK dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek beserta terjemahannya di PAUD PESONA Sukodono Tahunan Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari analisis yang peneliti lakukan dapat disimpulkan hasil sebagai berikut:
Penerapan metode HAQUR CERAK dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek beserta terjemahannya di PAUD PESONA, di mana seorang ustadzah membacakan satu ayat beserta terjemahnya yang akan dihafalkan oleh peserta didik beserta visualisasi gerakan tangan yang merupakan hasil inovasi dari kreatifitas pengelola PAUD kemudian seluruh peserta didik menirukan bacaan ayat Al-Qur’an per ayat beserta terjemahnya sampai benar makhraj, tajwid, dan gerakan tangannya. Kegiatan ini diulang-ulang sampai peserta didik bisa menirukan bacaan ayat, terjemah, dan gerakan tangan.
Faktor pendukung penerapan metode HAQUR CERAK dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek beserta terjemahannya di PAUD PESONA adalah metode HAQUR CERAK menjadi bagian dari metode pembelajaran unggulan & metode pembelajaran khusus dalam menghafal Al-Qur’an di PAUD PESONA dalam rangka solusi alternatif untuk mendidik anak menghafal Al-Qur’an sejak usia dini. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode HAQUR CERAK dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek beserta terjemahannya di PAUD PESONA adalah beberapa pendidik dari PAUD PESONA Sukodono Tahunan Jepara belum bisa menjadi tenaga yang profesional karena latar belakang pendidikan agama yang masih kurang dan juga kurang maksimalnya kreativitas pendidik dalam menginovasi visualisasi gerakan tangan karena adanya perbedaan usia dari peserta didik sehingga harus mengkondisikan visualisasi gerakan tangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron, M.Ag. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 04:04 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 04:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2520 |