YUSUF FATHONI, 151310003463 (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TETES TELOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS V MI AL-ISLAM SENENAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003463_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003463_BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003463_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003463_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003463_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003463_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003463_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (854kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penilitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kebutuahan yang diinginkan terhadap alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V MI Al-Islam Senenan. (2) Untuk mengembangkan model dan desain pengembangan alat peraga TeTeS TeLOr untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V MI Al-Islam Senenan. (3) Untuk menguji keefektifan model dan desain pengembangan alat peraga TeTeS TeLOr untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V MI Al-Islam Senenan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan desain pre-experimental design model One Group Pretest-Posttest Design. Tahapan dalam penelitian ini yaitu potensi dan permasalahan, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk dan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil obeservasi dan wawancara dengan guru, siswa kelas V MI Al-Islam Senenan Tahunan Jepara memiliki rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadis yakni 65 yang telah mencapai KKM (65) namun belum optimal. Media yang digunakan terbatas pada media buku saja. Siswa pada dasarnya memiliki kepribadian yang aktif, tetapi karena tidak ada penunjang keaktifan tersebut, siswa sering ramai dan bermain sendiri sehingga kurang memperhatikan pembelajaran.
Penilaian dari ahli media maupun mahli materi menunjukkan alat peraga TeTeS TeLOr layak sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan yang diberikan oleh ahli yaitu 89.5%. Hasil uji coba menjunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 50% yaitu rata-rata hasil belajar pretest siswa adalah 69 dan rata-rata posttest adalah 89. N-gain menunjukkan hasil 0,66 dengan kriteria sedang. Pengujian t-test menunjukkan hasil signifikansi 0,000 < 0,005, sehingga penggunaan alat peraga TeTeS TeLOr efektif dalam pembelajaran. Dan dilihat dengan analisis t tabel menunjukkan t hitung (7,673) > t tabel (2,0369) menunjukkan signifikan, sehingga alat peraga TeTeS TeLOr pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, TeTeS TeLOr, Alat peraga, Al-Qur’an Hadis. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:56 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2515 |