AL FATIHAH, 151310003397 (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN NILAI-NILAI ASWAJA MELALUI AMALIYAH AN-NAHDLIYAH DI MTS. MIFTAHUL HUDA BULUNGAN PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003397_COVER.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
151310003397_BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
151310003397_BAB II.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
151310003397_BAB III.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
151310003397_BAB IV.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
151310003397_BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Nilai-nilai Aswaja yang dikembangkan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara pada tahun 2018/2019, (2) Bentuk-bentuk amaliyah an-nahdliyah yang dilakukan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara pada tahun 2018/2019, dan (3) Implementasi penguatan nilai-nilai Aswaja melalui amaliyah an-nahdliyah di MTs. Miftahul Huda Bulungan pakis Aji Jepara pada tahun Pelajaran 2018/2019.
Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai dengan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan suatu data.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai Aswaja yang dikembangkan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara meliputi: nilai tawassuth, tawazun, tasamuh dan i’tidal. Yang mana dalam nilai-nilai tersebut di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari di Madrasah seperti halnya siswa-siswi setiap pagi harus tertib berdoa, masuk kelas, mentaati tata tertib sekolah dan juga harus menjaga kebersihan linkungan Sekolah. Dan juga saling menolong, membantu teman serta menyayangi teman tanpa memandang status sosialnya, ras dan kulit. Begitu juga harus menghormati teman, serta bapak dan ibu guru. Apabila bertemu teman, bapak, ibu guru serta masyarakat harus membudayakan sapa-senyum-salam dan salim. (2) amaliyah-amaliyah an-nahdliyah yang diterapkan di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara meliputi: membaca asmaul husna dan sholawat setiap pagi sebelum kegaitan belajara dimulai, membaca yasin dan tahlil setiap hari kamis dan membaca istighotsah setiap 2 minggu sekali pada hari Senin. (3) Penguatan nilai-nilai Aswaja tasamuh dan tawazun di MTs. Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara melalui amaliyah membaca asmaul husna dan sholawat agar siswa-siswi selalu ingat nama-nama Allah dan Rasul-Nya membaca asmaul husna dapat melatih siswa-siswi hidup toleransi, saling membantu, tertib serta rapi, penguatan nilai-nilai Aswaja tawassuth melalui amaliyah membaca yasin dan tahlil dapat menciptakan keharmonisan, saling membantu, saling menghormati baik teman, guru, sikap sopan santun, rendah hati (tawadlu) serta menjaga hati (khusyu’) dengan siapa saja dan dimana saja yang terakhir penguatan nilai-nilai Aswaja i’tidal melalui amaliyah membaca istighotsah cara mencerminkan sikap panca sila yang harus dimiliki oleh setiap individu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Nilai Aswaja dan Amaliyah An-nahdliyah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:54 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2512 |