FEBRIANA WILDA FITROTUN NI’MAH, 151310003408 (2019) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003408_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003408_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003408_BAB II.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003408_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003408_BAB IV.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003408_BAB V.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
151310003408_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifita penerapan metode pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan postest only control group Design yang menggunakan nilai rata-rata UAS sebagai acuan tolak ukur mengetahui kemampuan awal peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Donorojo. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan simple random sampling. Instrumen penelitian lembar soal post-test untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 24.0 for Windows.
Efektivitas metode reciprocal teaching terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan rata-rata nilai UAS kelas XI IPA 1 75 dan rata-rata nilai post-testkelas XI IPA 77,2. Pada kelas XI IPA 2 nilai rata-rata UAS 73 dan rata-rata nilai post test kelas XI IPA 2 74,3. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunkan SPSS 24.0 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,01 (0,00≤0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara teoritis sebagai bahan pertimbangan dan bahan kajian penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan evaluasi dan pengukuran prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Saidah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Reciprocal Teaching, Pembelajaran Pai |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2510 |