PERAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN KEMASAN

MUHAMMAD FERY TAUFIQ, 1330000027 (2017) PERAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK MAKANAN KEMASAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131130000027_COVER.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_BAB II.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_BAB III.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_BAB IV.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131130000027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran labelisasi halal terhadap keputusan konsumen membeli produk makanan kemasan dan juga mengetahui seberapa penting produk halal makanan kemasan bagi UMKM. Dan mengetahui pengetahuan UMKM mengenai prosedur sertifikasi produk halal MUI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Jepara yang melakukan pembelian makanan kemasan dan UMKM yang memproduksi makanan kemasan yang ada dipasaran. Meliputi kecamatan Kalinyamatan, pecangaan, kedung, tahunan dan mlonggo di kabupaten jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara observasi dan wawancara kepada konsumen dan UMKM. Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa menurut informan konsumen bahwa label halal memiliki peran terhadap keputusan konsumen membeli produk makanan kemasan, selain itu juga ada pertimbangan yang perlu dilakukan terkait dengan keputusan konsumen membeli produk makanan kemasan, seperti bahan-bahan didalamnya dan juga tanggal kadaluarsa produk tersebut. Produk makanan kemasan yang tidak terdapat label halal pada kemasanya akan menimbulkan rasa ragu-ragu dalam melakukan keputusan pembelian produk makanan kemasan tersebut. Sedangkan informan UMKM mengungkapkan bahwa produk halal sangat penting mengingat produk makanan kemasan berada pada pasar dengan mayoritas muslim. Mengenai prosedur sertifikasi produk halal MUI, Banyak pihak dari UMKM atau produsen tidak mengetahui prosedur yang tepat dalam mendapatkan sertifikasi produk halal MUI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Darwaanto, S.E.,M.Si.,M.Sy. Pembimbing II : Aan Zainul Anwar.M.E.Sy
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Makanan Kemasan, Keputusan Konsumen, Produk Halal MUI
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.9 Aspek Fikih Lainnya
200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.6 Organisasi Islam > 2X6.61 Majelis Ulama Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:12
Last Modified: 24 Feb 2022 04:12
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item