NAILI MAGHFIROH, 151120001736 (2019) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP LEVERAGE (Studi Empiris Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei 2015-2017). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151120001736_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151120001736_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151120001736_BAB II.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151120001736_BAB III.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151120001736_BAB IV.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
151120001736_BAB V.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
151120001736_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Leverage penting bagi perusahaan karena menyangkut kebijakan penggunaan sumber dana yang paling menguntungkan dari luar perusahaan (dana eksternal). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis terhadap leverage. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2017.
Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 78 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan yang terdapat pada www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) struktur aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap leverage, 2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap leverage, 3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap leverage, dan 4) risiko bisnis berpengaruh negatif signifikan terhadap leverage. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis berpengaruh secara simultan terhadap leverage.
Hasil uji Adjusted R2 pada penelitian ini sebesar 0,533. Hal ini menunjukkan bahwa leverage perusahaan industri barang konsumsi yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dipengaruhi olehstruktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis sebesar 53,3%,sedangkan sisanya sebesar 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fatchur Rohman, S.E.,M.Pd. M.Si.,CADE.,CAAT |
Uncontrolled Keywords: | Leverage, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Risiko Bisnis. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.155 Manajemen Pembiayaan, Deviden, Profitabilitas |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 03:21 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 03:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2419 |