Search for collections on Publications

PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BIDANG INFRASTRUKTUR BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN JEPARA

AGUS SETIAWAN, 141240000242 (2018) PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BIDANG INFRASTRUKTUR BERBASIS ANDROID DI KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141240000242_COVER.pdf]
Preview
Text
141240000242_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_BAB I.pdf]
Preview
Text
141240000242_BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_BAB II.pdf]
Preview
Text
141240000242_BAB II.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_BAB III.pdf]
Preview
Text
141240000242_BAB III.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_BAB IV.pdf]
Preview
Text
141240000242_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_BAB V.pdf]
Preview
Text
141240000242_BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 141240000242_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141240000242_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jepara saat ini merintis sebuah portal yang dinamakan “Jepara Smart City” yang didalamnya berisi informasi kebutuhan bagi masyarakat Jepara. Salah satu diantaranya adalah tentang pengaduan masalah kepada pemerintah yang ditangani melalui “Portal Lapor Bupati Jepara”. Pengaduan tersebut mencakup berbagai aspek kehidupan yang ada di Jepara. Infrastruktur adalah salah satu aspek yang terdapat dalam layanan tersebut. Permasalahan yang muncul dari portal tersebut adalah masih menggunakan 4 media yang terpisah untuk wadah pelaporan yaitu, Whatsapp, Facebook, Twitter dan SMS. Untuk mengatasi atau mewadahi pengaduan masyarakat tersebut maka peneliti merancang sebuah aplikasi pengaduan masyarakat berbasis android sebagai media pengaduan yang terfokus dalam satu media. Metode pengembangan aplikasi yang dipakai adalah Prototype dengan pengujian BlackBox. Untuk mengetahui kelayakan aplikasi tersebut peneliti melakukan pengujian dari ahli, pengujian blackbox dan angket responden. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan nilai 94,44% dari ahli, 93,33% dari pengujian blackbox dan 86% dari hasil angket responden umum. Berdasarkan hasil pengujian maka terbukti bahwa aplikasi pengaduan masyarakat berbasis android sangat layak untuk digunakan dan diterima oleh masyarakat di Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : Akhmad Khanif Zyen, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pengaduan Masyarakat, Infrastruktur, Prototype, Android, Jepara Smart City, Portal Lapor Bupati Jepara
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:12
Last Modified: 17 Feb 2022 03:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item
View Item