ALFINA FATRA EL SUROYYA, 151310003390 (2019) IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AL-MA’ARIF JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003390_COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003390_BAB 1.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003390_BAB 2.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
151310003390_BAB 3.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
151310003390_BAB 4.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
151310003390_BAB 5.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003390_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MA AL-Ma’arif Jepara masih cenderung pasif, seperti kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, siswa masih merasa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya komunikasi dengan guru maupun teman, dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran yang lebih variatif. Dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang berupa Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan Desain One Grup Pre- Test-Post- Test. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara. Teknik samping yang digunakan adalah dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, angket respon siswa dan lembar soal pre-test post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 24.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode taliking stick kelas XI mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Al-Ma’arif Jepara dapat memotivasi siswa untuk aktif dan tidak terbebani dalam proses pembelajaran, namun tidak semua materi cocok menggunakan metode ini, menyesuaikan materi dan kondisi siswa. (2) Implementasi metode talking stick meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan rata-rata nilai pre-test 45,67, dan rata-rata nilai post-test 83,33. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunkan SPSS 24.0 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 (0,00<0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (3)Faktor pendukung dan penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi metode talking stick kelas XI mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Al-Ma’arif Jepara, adapun faktor pendukung metode talking stick dapat menguji kesiapan siswa, melatih siswa membaca dan memahami materi dengan cepat, memacu siswa agar lebih giat belajar, Siswa berani mengemukakan pendapat, sedangkan faktor penghambat metode talking stick membuat siswa senam jantung, ketakutan akan pertanyaan yang akan diberikan oleh guru, tidak semua siswa siap menerima pertanyaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Talking Stick |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:47 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:47 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2359 |