Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AL-MA’ARIF JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ALFINA FATRA EL SUROYYA, 151310003390 (2019) IMPLEMENTASI METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA AL-MA’ARIF JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003390_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003390_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_BAB 1.pdf]
Preview
Text
151310003390_BAB 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_BAB 2.pdf]
Preview
Text
151310003390_BAB 2.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_BAB 3.pdf]
Preview
Text
151310003390_BAB 3.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_BAB 4.pdf]
Preview
Text
151310003390_BAB 4.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_BAB 5.pdf]
Preview
Text
151310003390_BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003390_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
151310003390_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MA AL-Ma’arif Jepara masih cenderung pasif, seperti kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, siswa masih merasa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya komunikasi dengan guru maupun teman, dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran yang lebih variatif. Dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang berupa Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan Desain One Grup Pre- Test-Post- Test. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara. Teknik samping yang digunakan adalah dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, angket respon siswa dan lembar soal pre-test post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 24.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode taliking stick kelas XI mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Al-Ma’arif Jepara dapat memotivasi siswa untuk aktif dan tidak terbebani dalam proses pembelajaran, namun tidak semua materi cocok menggunakan metode ini, menyesuaikan materi dan kondisi siswa. (2) Implementasi metode talking stick meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MA Al-Ma’arif Jepara pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan rata-rata nilai pre-test 45,67, dan rata-rata nilai post-test 83,33. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunkan SPSS 24.0 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 (0,00<0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (3)Faktor pendukung dan penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi metode talking stick kelas XI mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Al-Ma’arif Jepara, adapun faktor pendukung metode talking stick dapat menguji kesiapan siswa, melatih siswa membaca dan memahami materi dengan cepat, memacu siswa agar lebih giat belajar, Siswa berani mengemukakan pendapat, sedangkan faktor penghambat metode talking stick membuat siswa senam jantung, ketakutan akan pertanyaan yang akan diberikan oleh guru, tidak semua siswa siap menerima pertanyaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Talking Stick
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:47
Last Modified: 17 Feb 2022 02:47
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item
View Item