ANIS MILADIA ASHFA, 151310003501 (2019) KOMPARASI PENGGUNAAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER DAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRATEGI DAN SUBSTANSI DAKWAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
15131000350_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
15131000350_BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
15131000350_BAB II.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
15131000350_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
15131000350_BAB IV.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
15131000350_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
15131000350_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan efektifitas metode number head together terhadap hasil belajar materi strategi dan substansi dakwah pada peserta didik kelas X MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mendeskripsikan efektifitas metode mind mapping terhadap hasil belajar materi strategi dan substansi dakwah pada peserta didik kelas X MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mendeskripsikan penggunakan metode yang lebih efektif antara metode number head together dan mind mapping terhadap hasil belajar materi stratgi dan substansi dakwah pada peserta didik kelas X MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu Variabel bebas: Penggunaan metode number head together dan metode mind mapping (variabel X), Hasil belajar materi strategi dan subtansi dakwah (variabel Y).
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang tingkat pemahaman materi strategi dan substansi dakwah khulafaur rasyidin digunakan metode tes tertulis, dan untuk mengumpulkan data lainnya digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dan analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat keefektifan penggunaan metode number head together terhadap hasil belajar materi strategi dan substansi dakwah pada peserta didik kelas X MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019. Dari hasil analisis diperoleh harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,935 dan harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,875. Diperoleh t hitung sebesar 12,678 dan t tabel sebesar 2,069. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (2) terdapat keefektifan penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar materi strategi dan substansi dakwah pada peserta didik kelas X MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis diperoleh harga koefisien korelasi (r) sebesar 0,965 dan harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,932. Diperoleh t hitung sebesar 17,731 dan t tabel sebesar 2,069. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Pembelajaran menggunakan metode number head together lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode mind mapping pada peserta didik kelas X di MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari rat-rata hasil tes yang diperoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 76,32 dan rata-rata hasil tes yang diperoleh kelas kontrol yaitu sebesar 68.00.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Number Head Together, Mind Mapping, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:31 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2353 |