Search for collections on Publications

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Pada kelas VII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara)

LILIK ARDIANTO, 151310003322 (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA SISWA LULUSAN MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN LULUSAN SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Studi Pada kelas VII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003322_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003322_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003322_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003322_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003322_BAB III.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003322_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003322_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003322_DAFTA RPUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003322_DAFTA RPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MTs. Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik lulusan Sekolah Dasar (SD) di MTs. Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dalam mata pelajaran Fiqih antara peserta didik lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan lulusan Sekolah Dasar (SD) di MTs. Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2018/2019. (4) mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran Fiqih untuk lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) di MTs. Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2018/2019.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada untuk menemukan persamaan perbedaan tentang benda, orang, ide, prosedur kerja, kritik terhadap orang atau kelompok. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes, dari populasi seluruh siswa kelas VII MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara sebanyak 333 siswa diambil sampel sebanyak 10-15% yaitu 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan 25 siswa lulusan Sekolah dasar.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan siswa lulusan Sekolah Dasar pada mata pelajaran Fiqih dibuktikan dari hasil uji perhitungan uji “t” hipotesis nihil diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Upaya guru untuk mengatasi perbedaan hasil belajar diantara siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan siswa lulusan Sekolah Dasar yakni Melakukan pendekatan terhadap siswa, Berkomukasi dengan orang tua siswa dan wali kelas, Melakukan bimbingan secara pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Alex Yusron Al-Mufti,M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Komparasi Lulusan Sekolah Dasar Dengan Madrasah Ibtidaiyah, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:10
Last Modified: 17 Feb 2022 02:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item
View Item